Playstation Slim

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca PS2 Slim

Gejala hardisk eksternal tidak terbaca oleh PS2 USB biasanya diawali dengan game yang kadang muncul dan kadang tidak muncul. Seiring waktu, game dan hardisk menjadi tidak terbaca sama sekali. Hanya tampak tampilan menu OPL yang kosong tanpa list daftar game.

Ada 3 penyebab HD eksternal atau flashdisk yang tidak bisa dibaca oleh mesin playstation, terutama PS2 slim yang sudah dmodifikasi menjadi USB game, antara lain

1.Kabel USB
2.Hardisk ekternal atau flashdisk error
3.Port USB yang error.

Mari kita bahas satu per satu dari permasalahan tersebut

Perbaikan kabel USB

Hanya satu solusi ketika kabel USB mengalami error, yaitu mengganti yang baru. Biasanya, kabel USB yang error disebabkan ada serabut kabel yang putus tengah. KAdang hangus akibat lama pemakaian mengakibatkan hardisk eksternal tidak terbaca oleh PS2 Anda.

Tips memilih kabel USB jika Anda ingin menggantinya

– Pilihlah kabel yang pendek agar transfer data game bias lebih cepat dan tidak lemot
– Cari kabel yang orisinal, biasanya kabel bawaan dari HD eksternal cukup bagus dan awet
– Jangan memilih kabel USB yang murahan. Selain mudah rusak dan tidak awet juga kadang membuat game PS2 menjadi lemot bahkan tidak terbaca sama sekali.

Perbaikan hardisk ekternal atau flashdisk.

Ada 2 tanda-tanda HD ekternal yang error, yaitu piringan cakram masih bisa berputar dan atau tidak bisa berputar sama sekali.

Cara deteksinya, sambungkan kabel data ke soket HD, lalu hubungkan dengan PC atau laptop. Sentuh bagian bodi hardisk dan rasakan – jika ada getaran berarti piringan bisa berputar dan umumnya hardisk hanya corrupt data saja.

Namun, jika disentuh Anda tidak merasa ada gertaran sama sekali, berarti hardisk ekternal mati.

Hardisk atau flashdisk error yang hanya corrupt data saja, biasanya mudah diperbaiki. Ada 2 cara mengatasinya, yaitu memformat ulang dan memperbaiki bad sector.

Memformat ulang hardisk atau flashdisk bisa menggunakan fasilitas bawaan windows. Untuk mengatasi bad sector, saya kira Anda sudah bisa mengerjakannya.

Jika hardisk tidak ada getaran sama sekali meskipun lampu indicator menyala, sangat besar kemungkinan ada IC yang mati.

Satu-satunya solusi adalah mengganti yang baru karena kita tidak mungkin memperbaiki mainboard hardisk yang tidak sebanding dengan biaya servis.

Perbaikan port USB

Untuk tes apakah penyebab hardisk eksternal tidak bisa terbaca disebabkan oleh kerusakan port USB, silakan pasang HD eksternal dan kabel data yang diambil dari mesin playstation lain.

Jika PS2 slim tetap tidak bisa membaca isi game di hardisk eksternal dan tampilan tetap kosong, berarti kerusakan ada di port USB dan komponen sekitarnya.

1. Cek tegangan regulator 78M05

Hardisk Eksternal Tidak Terbaca PS2 Slim

soket-port-usb-ps2-slim-scph-9000x

Silakan bongkar casing mesin PS2 slim Anda, cabut semua rangkaian komponen yang berada diatas mainboard. Lalu, pasang lagi power supply untuk cek tegangan.

Siapkan avometer digital. Lihat di samping 2 port USB, ada IC regulator 2 pin. Cek tegangan pada pin no 2 dari IC Reg yang dekat dekat soket port USB.

IC reg untuk port USB mendapat input 7.5 volt dari power supply kemudian out put 5 volt untuk memberi arus ke hardisk ekternal atau flashdisk yang dipasang di soket supaya mesin P2 bisa membaca data.

Jika regulator ini mati, otomatis HD eksternal tidak bisa dibaca oleh PS2 Anda.

Nyalakan PS2 slim anda hingga lampu reset hijau. Letakkan probe merah di kaki no 2, probe hitam diletakkan di besi port USB (ground). Jika tidak ada tegangan 5 volt, ganti saja dengan regulator lain yang masih normal.

Namun, jika muncul arus 5 volt, mungkin hanya retak solderan di kakinya saja, solder ulang yang kuat supaya kaki-kaki IC REG bisa mengalirkan arus ke HD eksternal.

2. Rebuild pin out port USB

Port USB PS2 Slim Tidak Fungsi

pin-out-port-usb-ps2-slim

Solder ulang kaki-kaki pin out port USB supaya aliran arus ke HD eksternal atau flasdisk kembali normal. Coba cek tegangan di pin out nomor 1.

Jika ada tegangan 5 volt, berarti hanya pin outnya saja yang retak timah. Cek juga pin out nomor 3, harus mengalir input arus 1.7 volt. In put ini didapat dari IC EE untuk membaca data di HD eksternal anda.

3. Ganti RB 103

Jika pada kaki nomor 3 port USB tidak ada arus 1.7 volt, sedangkan kaki nomor 1 ada arus 5 volt, berarti ada jalur arus yang tidak beres pada resistor blok 103. Matikan PS2 slim anda, putar selector avometer digital le posisi ohm meter.

UKur kaki-kaki RB 103, jika ada yang putus atau berubah nilai, maka RB tersebut harus dicabut dan diganti dengan nilai yang sama.

RB 103 berarti resistor ini mempunyai nilai hambatan sebesar 10.000 ohm atau 10 K ohm.

Solusi jika tidak ada RB 103, anda bisa mengganti dengan RB 153. Perhatikan besar kecilnya ukuran RB.

Setelah diganti, nyalakan lagi PS2 slim Anda dan ukur pin out nomor 3. Jika pemasangan RB itu benar, maka Anda akan melihat arus 1.7 volt.

Coba masukkan HD ekternal atau flashdisk ke port USB, lalu ukur kaki nomor 3 lagi seperti tadi. Jika berubah menjadi 3 volt, maka saya ucapkan – selamat, Anda telah berhasil memperbaiki hardisk ekternal yang tidak terbaca di PS2 dan selamat memainkan game kesukaan Anda.

Baca juga cara memperbaiki hardisk PS2 tebal yang corrupted data

Semoga bermanfaat.

18 Comments

  1. justindra
  2. dhany
  3. Fadil
  4. Rafi
  5. arek gresik
  6. ade
  7. andi aprian
  8. Dendi Rohman
  9. Aan

Pertanyaan Spesifik - Hub WhatsApp : 085200160606