Tombol R1 L1 Stik Lepas Sendiri

Sering kejadian menggelikan saat sedang main game bola di PS2, tiba-tiba tombol L1 atau R1 lepas sendiri, copot sendiri, atau kadang dol. Tentunya pemain bola gak bisa diajak lari, terpaksa game harus di pause sembari mencari tombol R1 yang jatuh.

Udah ketemu, udah dipasang di stik. Eh, tombol R1 nya lepas lagi. Ternyata, sudah dol. Saya yakin, kejadian itu juga sering dialami oleh gamer PS2 terutama penggemar game bola.

Penyebab tombol R1 lepas sendiri karena plastik penahan itu patah akibat R1 sering dipencet keras.

Kadang, plastik bekas patahan itu nyangkut di karet tombol R2 atau kadang di L2 membuat tombol tersebut tidak bisa dipencet karena tertahan oleh patahan plastik penahan. Terpaksa harus congkel tombol R2 untuk mengambil bekas patahan.

Jika Anda punya stik PS2 yang tombol L1 atau R1 lepas sendiri atau doll, jangan kuatir. Saya punya trik jitu untuk memperbaikinya.

Anda bisa praktekkan di rumah dan bisa menikmati hasil dari trik saya. Yang jelas, hasilnya lebih kuat dan tak mudah lepas lagi ketimbang aslinya.

Tombol R1 atau L1 tidak lepas sendiri lagi. Satu lagi, meskipun dipencet keras, tombol R1 stik tetap kuat dan tidak akan lepas lagi dari tempatnya.

Berikut langkah-langkah memperbaikinya

1. Siapkan peralatan dan bahan

– Obeng selalu tersedia siap itu harus.
– Jangan lupa, siapkan juga solder mata lancip.
– 4 Paku baut kecil, Anda bisa mengambil dari bekas baut casing stik.
– Jika Anda punya bor, gunakan saja dan pilih mata bor yang kecil.

2. Buat 2 lobang di casing tempat tombol R1 dan L1

Buat 2 lobang kecil dengan bor atau solder mata lancip pada tiap tempat tombol. Lobang tersebut akan kita tanam baut kecil sebagai pengganti plastik penahan yang patah.

 

Tombol R1 L1 Stik Lepas SendiriPastikan ukuran jarak antar lobang seperti diameter stut R1. Jangan terlalu lebar supaya tombol R1 bisa dipencet dengan normal.

Jika terlalu lebar, tombol R1 masih bisa lepas sendiri. Jika terlalu sempit, maka tombol R1 tidak bisa masuk atau tidak bisa dipencet.

3. Pasang 1 baut tiap 1 lobang sebagai penahan tombol R1

Masukkan baut bekas stik, ini ukuran yang paling pas sebagai penahan tombol R1 supaya tidak lepas sendiri. Usahakan lobang lebih sempit dari diameter baut agar bisa ditanam kuat di casing stik.

Coba masukkan tombol stik lalu tekan ke dalam, rasakan gerakannya. Jika gerakan itu nyaman, berarti Anda berhasil memperbaiki tombol R1 yang dol.

4. Rakit kembali stik PS2 anda.

Setelah dirasa gerakan keluar masuk dari tombol R1 atau L1 cukup nyaman, rakit kembali casing stik Anda.
Jika Anda berhasil, hasilnya akan seperti iniTombol R1 L1 Stik Lepas Sendiri

 

Coba untuk main game. Sekarang, tombol R1 atau L1 tidak akan lepas sendiri lagi. Anda bisa main game dengan nyaman tanpa tombol R1 ataupun L1 yang jatuh. Tombol akan menempel di casing lebih kuat, lebih nyaman, dan lebih awet.

Baca juga artikel yang membahas : cara servis stik PS2 dengan ukur tegangan.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *