Cara Servis Stik PS2 Dgn Ukur Tegangan

Mengukur tegangan adalah metode cara servis stik PS2 yang jitu untuk mengetahui setiap jenis kerusakan. Kita bisa menentukan letak masalah dari Stik PS2 yang error, seperti

– Stik mati total
– Kabel stik putus
– Stik nendang-nendang sendiri,
– Tombol stik tidak bisa dipencet,
– Stik mati sendiri,
– Stik konslet
– Dll.

Setiap komponen PCB stik PS2 mempunyai arus listrik, baik ground atau arus positif.

Jika ada komponen stik yang tidak bisa mengalirkan arus listrik, maka kita bisa menentukan mana komponen yang error. Selain itu, kita bisa menservis dengan mudah karena letak kerusakan sudah terdeteksi.

Sebelum kita mulai, siapkan peralatan seperti :

-Avo meter digital dan analog,
-sebuah mesin PS2,
-solder,
-timah,
-obeng
-Dll.

Hal yang dihindari, ketika Anda sedang mengukur tegangan stik, PROBE HITAM DAN MERAH jangan bersentuhan secara LANGSUNG.

Cara Servis Stik PS2 Dgn Ukur Tegangan
mengukur-tegangan-stik-ps2

Jika terjadi korsleting akan berakibat fatal, baik untuk mesin PS2 maupun untuk stik itu sendiri. Pastikan selektor Avometer Digital pada arus DC dan di angka 20, karena tegangan di tiap-tiap komponen stik berada dibawah 10 volt DC.

Ok, kita langsung saja tutorial tentang cara servis Stik PS2 dengan metode ukur tegangan, ikuti panduan dan pahami dengan baik tulisan saya

Cara servis kabel stik PS2 dengan mengukur input tegangan

Gmbr di atas adalah stik PS2 tipe OP (ori pabrik) yang bisa diterapkan untuk semua jenis stik baik ori maupun TW.

Stik OP mempunyai 8 pin kabel dan setiap kabel mempunyai fungsi berbeda. Lihat nomor pada soket kabel yang tercantum di PCB stik.

Nomor acak akan saya urutkan seperti penjelasan di bawah ini

1. Kabel coklat, 3.5 volt
2. Kabel merah, 3.5 volt
3. Kabel orange, 3.5 volt
4. Kabel kuning, 3.5 volt
5. Kabel hijau, 3.5 volt
6. Kabel biru, 3.5 volt
0. Kabel hitam, ground
8. Kabel putih abu-abu, 8 volt.

Dari masing-masing kabel, kita simpulkan bahwa stik mendapat 3 arus, yaitu ground, 3.5 volt dan 8 volt.

Pada PS2 tebal, joystik mendapat input 3.5 volt dari IC IOP EDO RAM CXD 9697. Sedangkan input arus 8 volt diambil dari out put regulator 7808 (letaknya di dekat soket kipas).

Arus 3.5 volt untuk tegangan di analog, lampu, dan tombol pad ( R1, L1, R2, R3, kotak, segitiga, O, X, R3, select, start ). Sedangkan tegangan 8 volt untuk spindle getar supaya stik PS2 bisa bergetar.

Dari semua kabel, jika salah satu  tidak mendapat input baik 8 volt atau 3.5 volt, maka stik PS2 anda akan mati total.

Karena, setiap arus input penting bagi IC stik agar tetap bisa bekerja normal. Dengan panduan ini, kita akan lebih cepat mendeteksi kerusakan dan bagaimana cara servisnya.

Sebagai contoh, ada stik ps yang mati total, lampu analog tidak menyala, dan keypad tombol stik tidak bisa dipencet. Ini berarti IC stik tidak bisa bekerja normal.

Cara servis kabel stik:

Hidupkan PS2 anda, pilih game bola atau permainan lain yang penting stik bisa mendapat arus listrik dari mainboard.

Bongkar stik PS2 anda. Colokkan stik mati total tadi ke slot stik. Letakkan probe merah di pin kabel stik, probe hitam di ground.

Tes tegangan di tiap kabel-kabelnya. Jika ada salah satu kabel tidak ada tegangan 3.5 volt atau 8 volt, berarti kabel putus tengah.

Baca artikel tentang : cara ganti kabel stik

Cara servis analog stik PS2 dengan metode ukur tegangan

Tiap kaki analog stik menggunakan resistor variable 3 pin. Lihat gmbr diatas. Ada 2 analog, saya tulis kiri (left) dan kanan ( right).

Tiap kaki-kaki resistor variable mempunyai arus yang berbeda. Kaki ke 3 mendapat input 3.5 volt dari IC stik (regulator). Kemudian, kaki 2 mendapat input dari kaki 3 yang sudah melewati resistor sebesar 1.7 volt.

Sedangkan kaki ke 1, adalah arus ground (0). INI UNTUK SEMUA ANALOG STIK

Sebelum servis analog stik ps2, anda perlu mengetahui dasar-dasarnya

– Jika pemain lari ke kiri terus, berarti analog error sebelah kiri (left) di bagian resistor variable (RV) sebelah atas, saya tulis “kanan kiri”
– Jika pemain bergerak ke atas atau ke bawah terus, berarti analog stik yang error sebelah kiri (left), di bagian samping, saya tulis ” atas bawah “
– Jika pemain nendang-nendang sendiri, atau bergaya-gaya sendiri berarti analog stik yang error adalah analog kanan

Cara servis

Untuk semua kasus stik PS2 error yang nendang-nendang sendiri, bergaya-gaya sendiri, bergerak-gerak ke kanan atau ke kiri sendiri – penyebabnya adalah analog error.

Letakkan probe merah di kaki tengah resistor analog, probe hitam di titik ground.

Intinya, tegangan kaki tengah resistor analog ketika diukur dengan AVo meter digital nilai standar adalah 1.7 volt.

Jika berubah nilai menjadi 3.5 volt atau 0 volt, berarti resistor variable adalah bocor. Solusinya adalah mengganti dengan yang masih normal atau mencabut RV tersebut kemudian membersihkannya dgn kapas.

Cara servis ini berlaku untuk semua analog stik yang error, baik analog stik yang kanan (right) maupun analog kiri (left), perlakuan dan cara menservis itu sama.

Cara servis tombol stik PS2 yang tidak bisa dipencet dengan deteksi nilai tegangan

Cara kerja tombol stik, ketika tombol tidak dipencet, semua arus yang mengalir ke plastik PCB adalah 0. Dan ketika tombol stik dipencet, maka akan mengalir arus input 3.5 volt dari IC stik.

Jadi, ketika tombol stik tidak bisa dipencet, berarti tidak ada arus 3.5 volt yang mengalir ke plastik PCB. Jadi, ketika ada kasus stik yang mencet-mencet tombol sendiri-berarti ada arus yang bocor.

Cara servis

Misalnya, ada stik PS2 tombol R2 tidak bisa dipencet. Letakkan probe merah AVOmeter digital di jalur R2 (lihat gmbar), kemudian probe hitam di titik ground.

Jika R2 tidak bisa dipencet, otomatis tidak ada arus 3.5 volt. Untuk tombol lain yang bisa dipencet, akan mengalirkan arus 3.5 volt.

Cabut PCB plastik, dan teliti titik jalur R2 mana yang putus, sambung dengan 1 serabut kabel, tutup pakai solasi bening.

Begitulah cara servis stik PS2 dengan metode pengukuran tegangan. Untuk setiap jenis kerusakan apapun bisa diatasi dengan metode ini.

Maka saya katakan, metode ukur tegangan adalah salah satu trik cepat ketika menguji dan menganalis setiap kerusakan, baik stik atau mainboard PS2. Semoga bermanfaat.

11 Comments

  1. Mas mw tanya klw misalnya stickx tidak bergetar setelah diukur hnya 4,95V sj mas untuk stick ori klw sy cek stick kw untuk getarnya sama juga 4,95V nda nyampe 8 V mas, bgaimna ya mas?

    Reply
  2. Mas mau tnya
    Analog kiri stik ps2 ane bergerak ke kiri trus.
    Drpda pusing ane gnti tuh analog yg kiri.
    Ko masih ttp gerak ke kiri trus ya gx mau ke tengah.
    Trimakasih

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *