Playstation SlimPlaystation Tebal

Merawat PS2 Agar Awet Banget

Saya punya beberapa PS2 hardisk yang awet, mulai th 2004 hingga sekarang. Padahal, jam terbangnya intensitas tinggi. Rata-rata, PS tayang main 8 – 10 jam per hari.

Belum lagi ada beberapa pelanggan yang menyewa ke rumah, setidaknya mereka main dari malam hingga pagi.

Banyak teman-teman di sekitar yang ingin beli beberapa dari mesin tersebut, tapi tidak saya ijinkan. Mereka penasaran, bagaimana cara merawat PS2 agar awet seperti milik saya.

Sudah saya katakan berkali-kali, merawat PS itu mudah, simple dan tidak ribet. Asalkan Anda mengerti kondisi mesin PS, maka Anda akan bisa membuatnya awet.

Anda ingin tahu trik perawatan supaya mesin PS2 menjadi awet banget? Pada trik ini, saya membagi 3 tahap yaitu

– Saat Anda memainkan PS
– Saat menyimpan mesin PS
– Menjaga kebersihan mesin secara berkala

Merawat PS2 Agar Awet Banget

Silakan simak uraian saya di bawah ini

Perawatan saat memainkan ps

Saat memainkan game, ini adalah waktu penting untuk diperhatikan. Dari beberapa pengalaman, kerusakan mainboard terjadi ketika PS menyala.

Mungkin, beberapa rekan sudah pernah menemui sebuah PS blank atau tidak tampil menu game setelah memainkan sebuah game.

Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, ikuti tutorialnya

1. Pasang stabilizer

Stabilizer ini sangat penting sebagai penstabil tegangan dari listrik PLN. Sebab, suatu ketika tegangan listrik PLN drop dibawah180 volt, lalu tiba-tiba terjadi tegangan tinggi mendadak menjadi 220 volt. Tegangan tinggi mendadak bisa menyebabkan power supply atau komponen PS2 menjadi rusak error.

Nah, untuk mencegah kerusakan ini, pasang stabilizer sebelum jek strom masuk ke soket PS2. Jadi, peran perangkat tersebut adalah mengantisipasi munculnya tegangan drop atau tegangan tinggi mendadak yang menyebabkan PS2 cepat error.

2. Jangan pasang stik sebelum menu game muncul.

Dari kebanyakan PS2 error, adalah stik tertancap di slot sebelum PS dinyalakan. Jika stik error, otomatis akan menyebabkan PS juga juga error.

Selain itu, jari-jari pemain PS kadang suka usil yaitu mencet-mencet stik saat PS loading. Ini juga akan menyebabkan mesin error semisal game hilang, terutama untuk PS2 hardisk.

3. Letakkan mesin PS di ketinggian

Jangan meletakkan mesin PS2 di lantai, apalagi Anda sambil meletakkan minuman di dekat mesin. Saat mesin hidup, bisa jadi kena cipratan air minum dan membuat konslet.

Letakkan mesin di ketinggian minimal 30 cm dari lantai. Ini juga mengantisipasi hewan kecil semisal semut masuk ke ruang mesin saat PS menyala, dan menyebabkan konslet.

Cara merawat PS2 saat penyimpanan

Menyimpan mesin juga merupakan tahap penting untuk menjaga keawetan PS2 anda, berikut panduannya

1. Cabut semua kabel saat mesin PS non aktif.

Jangan membiarkan mesin PS2 diam ditempat berjam-jam dengan posisi stanby atau lampu nyala merah. Sebab, strom masih mengalir ke power supply dan bisa menimbulkan panas. Matikan saklar belakang, lalu cabut semua kabel baik strom atau kabel AV.

2. Simpan PS2 di lemari

Menyimpan PS2 di lemari untuk menghindari kemungkinan terkena debu, atau serangga masuk membuat kelamat, atau dimasuki hewan kecil lainnya. Selain itu, menyimpan PS di dalam lemari juga melindungi dari tetesan air hujan jika genteng bocor.

3. Menjaga PS2 dari kelembaban

Udara lembab bisa membuat komponen IC error.

Lakukan kebersihan mesin PS2 secara berkala.

Debu di ruang mesin bisa menyebabkan IC cepat panas karena sirkulasi udara tidak lancar atau terhambat di kaki-kaki IC. Bersihkan ruang mesin dan mainboard setidaknya 3 bulan sekali dengan kuas dan kompressor angin.

Jaga kebersihan kipas karena banyak IC yang menimbulkan ruang mesin menjadi panas. Sirkulasi udara yang lancar dari ruang mesin sangat berpengaruh sekali dengan keawetan PS2 itu sendiri. Jika mesin PS2 bersih, otomatis proses buang panas juga akan lancar.

Itulah beberapa tips perawatan yang saya berikan untuk Anda agar PS tetap awet. Jika masih belum faham, silakan bertanya via komentar. Semoga bermanfaat.

9 Comments

  1. Riza
  2. jatmika
  3. roubi
  4. Dimas
  5. Gus
  6. fajar

Pertanyaan Spesifik - Hub WhatsApp : 085200160606