Stik Playstation

Stik PS2 Ori Mesin Error

Stik ps2 original atau stik ori mesin dikenal sangat awet dan nyaman dipakai oleh banyak penggemar game PS2. Selain awet, stik ini sangat responsive dan stabil ketika digunakan untuk main game bola.

Namun, jika stik ori ini error bagian pcb mika, sulit untuk diperbaiki. Jika stik ori mesin adalah error, bisa menyebabkan

-PS2 hardisk disable
-List menu game hilang
-Blank hitam setelah matrix.

Sebuah stik ps2 ori mesin yang dibongkar, Anda akan mendapatkan 2 buah mika pcb, yaitu pcb utama dan pcb konektor.

PCB utama sebagai jalur kelistrikan untuk pad tombol seperti O, segitiga, X, kotak, arah, R1, R2, L1, L2, dan lain-lain. Pada setiap jalur di PCB utama stik ori dihubungkan oleh sebuah resistor karbon yang dilukis pada tiap pin out

Sedangkan pcb konektor terdapat lapisan karbon yang dilukis dengan bentuk bulat. Karbon pada pcb konektor dibuat sebagai saklar. Ketika pad tombol ditekan, karbon di PCB utama akan menempel di karbon pcb konektor sehingga nilai hambatannya menjadi NOL.

Stik PS2 Ori Mesin Error
pcb-mika-stik-ori-mesin

Pada kebanyakan penyebab stik ori mesin yang error adalah kerusakan PCB utama. Biasanya, kerusakan paling sering adalah nilai resistornya berubah dan mengelupas akibat sering dipencet. Jika nilai berubah atau lapisan resitor mengelupas, ini tidak bisa diperbaiki kecuali mengganti dengan PCB yang baru.

Namun, jika stik ori mesin error akibat

-PCB jalur putus atau kotor

-Analog error

-Kabel tidak konek, dll,

Kondisi stik ini masih bisa diperbaiki dan bisa normal kembali.

Ok, kita akan bahas mengenai cara memperbaiki stik ori mesin lebih detail

Stik ori mesin yang mencet sendiri

Ini biasanya akibat nilai resistor berubah, kotor atau mengelupas. Biasanya, nilai hambatan antara 20 kohm – 27 kohm. Stik ori mesin yang normal, nilai resistor pada tiap-tiap tombol harus sama meskipun kadang tidak namun masih dalam batas toleransi.

Bongkar stik original lalu perhatikan karbon resistor pada PCB utama. Cek, apakah ada satu atau beberapa titik yang mengelupas atau kotor. Jika kotor, ambil karet penghapus lalu gosokkan pelan-pelan pada karbon yang kotor tadi.

Jika karbon mengelupas, satu-satunya cara aman adalah mengganti dengan yang baru. Sebab, kita tidak mungkin mempoles ulang dengan karbon cair.

Stik ori mesin pemain bergerak atau berjalan sendiri

Cara memperbaikinya, cek nilai resitor variable (RV) pada analog bagian kiri. Ukur nilai hambatan, untuk ukuran normal pada 4 kohm – 6 kohm. Jika lebih atau kurang dari itu, ganti resistor analog dengan yang normal.

Namun sebelum itu mengganti RV, coba bersihkan dulu bagian dalamnya. Kemudian, cek ulang nilai hambatan RV. Jika pulih, pasang lagi saja dan gak usah diganti.

Stik PS2 original yang nendang atau bergaya sendiri

Bongkar stik, cek nilai hambatan untuk resistor variable di analog kanan. RV analog bagian kanan dan kiri sama nilainya. Untuk lebih memastikan bagian mana yang error, cabut RV dan ukur nilai hambatan di tiap kakinya. Gunakan kaki tengah sebagai standar hitung ketika Anda melakukan pengukuran. Ganti jika nilai berubah, atau bersihkan dengan bagian dalam yang kotor dengan cottonbath.

Salah satu tombol stik ori mesin tidak bisa dipencet.

Langkah awal adalah cek jalur PCB. Silakan ukur jalur pada tombol mana yang tidak bisa dipencet. Biasanya, ini disebabkan karena ada jalur putus yang ditandai dengan warna hitam seperti gosong. Ukur jalur tersebut dengan AVO jarum untuk mengetahui titik mana yang putus.

Jamper jalur yang putus tadi menggunakan 1 serabut kabel. Tempelkan ke jalur putus, lalu tutup dengan solasi bening. Jika Anda punya karbon cair, oleskan pada jalur putus tadi, biarkan hingga kering.

Stik ori mesin mati total

Ini disebabkan ada kabel stik yang tidak konek. Coba cek tiap pin out kabel dengan AVO jarum. Jika ada yang tidak konek, ganti saja kabel dengan yang masih normal.

Baca : cara ganti kabel stik pake soket dan tak pakai soket

Lampu analog stik original kadang nyala kadang tidak.

Coba rebuild ulang pin out lampu analog dengan menyolder ulang. Jika analog masih kadang nyala kadang tidak, berarti ada salah satu kabel stik yang kadang konek atau kadang tidak. Tak perlu ganti kabel karena kerusakan bukan kabel putus, namun ada salah satu pin out kabel yang longgar.

Cara memperbaikinya, cabut pin out tiap kabel dari soket. Rekatkan kembali pin out yang renggang dengan menggunakan tang atau penjepit. Rakit kembali stik PS anda.

Semoga bermanfaat

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

As you found this post useful...

Follow us on social media!

6 Comments

  1. Angga
  2. Heros
  3. Ahmad Fauzi Rahman
  4. Jo

Pertanyaan Spesifik - Hub WhatsApp : 085200160606