Playstation Slim

Memperbaiki PS2 Slim Blank Biru

PS2 slim yang blank biru, ini berarti tak ada sinyal masuk ke mainboard. Ada satu atau beberapa komponen mesin yang tidak bisa mengalirkan arus tegangan sehingga tampilan tidak muncul di monitor TV Anda.

Ada 2 kriteria berdasar gejala dan penyebab PS2 slim blank biru, yaitu

– PS2 slim blank biru namun lampu reset bisa menyala hijau, Biasanya, masalah ini  akibat IC modbo mati atau tidak ada tegangan di titik W . Kadang, regulator short mempengaruhi juga.

– PS2 slim ngeblenk biru, lampu reset tidak bisa nyala sama sekali. Ini akibat PS2 mati total. Biasanya disebabkan power supply atau adaptor mati. Kadang fuse yang terkait PSu tersebut itu putus. Untuk kasus ini, saya sudah membuat artikelnya. Jika berminat ingin memperlajarinya, silakan cari di arsip blog

Saya akan share bagaimana cara memperbaiki PS2 slim seri 9 blank biru tapi tombol reset masih bisa nyala hijau. Jika Anda punya PS blank ini, silakan pelajari tahap-tahap perbaikannya. Namun, pastikan bahwa kabel AV yang anda gunakan masih bagus.

1. Ganti chip modbo

Bongkar casing PS2 slim, lalu cabut semua kabel fleksi. Lepaskan power suplay, kipas, blok optik, dan plat besi pendingin. Lalu, cek tegangan pada titik W di chip modbo bawaan mesin. Biasanya super E.

Memperbaiki PS2 Slim Blank Biru

Chip Modbo PS2 Slim

Chip ini mendapat input 3.5 volt di VCC dari IC power dekat soket PSu. Titik W adalah out put dari chip modbo dimana arus out put 3.5 disalurkan ke IC bios. Karena chip modbo ini mati atau tidak bisa menyalurkan out put, maka tidak ada data yang direkam oleh bios. Ini menyebabkan PS2 slim Anda menjadi blank biru.

Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah mengganti dengan yang baru. Jika Anda tidak punya modbo bawaan mesin, bisa dioplos dengan IC matrix modbo 3.0 atau 5.0. Cara memasang kabelnya itu sama untuk semua jenis playstation. Bedanya, pada modbo super E menggunakan titik CLK, sedangkan modbo 3.0 atau 5.0 menggunakan titik CX.

Jika Anda bingung menempatkan titik CX ketika memasang matrix, pasangkan ke kabel CLK seperti pada chip mobdo bawaan mesin.

Jika IC modbo masih bisa menghasilkan out put 3.5 volt di titik W, berarti ada error di bagian lain. Periksa regulator 78M05 di sekitar soket kabel AV.

2. Ganti fuse 14 dan regulator 78M05

Silakan periksa IC ini diantara soket power supply dan soket kabel AV. Regulator ini berperan untuk penstabil tegangan untuk IC gambar dan IC suara. Pasang power supply ke soket, dan beri arus dengan menekan tombol reset hingga warna hijau. Sentuh regulator tersebut, jika terasa sangat panas, berarti IC 78M05 adalah short.

Memperbaiki PS2 Slim Blank Biru

regulator 78m05 ps2 slim

Short yang saya maksud bukan konslet dengan ground, tetapi ada komponen di dalam regulator tersebut mengalami error. Untuk tes, cabut reg 78M05 dan cek di pin out pada bekasnya. Jika muncul tegangan 7.5 volt dan 5 volt, berarti IC tersbut error.

Meskipun regulator mati, ketika kita cek akan tetap muncul arus. Karena, regulator ini terhubung langsung dengan reghulator-regulator yang lain. Solusinya, ganti dengan yang masih normal. Setelah memasangnya, periksa lagi dengan memberi arus seperti tadi. Jika disentuh tidak panas, berarti perbaikan PS2 slim yang blank biru is sukses.

Biasanya, fuse 14 juga ikut putus. Letak fuse ini berdekatan dengan IC pengolah gambar CXM 4015A, dekat soket AV, ada di balik mainboard. Ganti dgn yang masih bagus. Jika setelah dinyalakan namun PS slim masih blank biru, kemungkinan besar IC pengolah gambar video juga mati.

Kerusakan IC 78M05 ini sangat jarang. Dari kebanyakan kasus PS2 slim blank biru adalah chip modbo mati. Jadi, untuk tahap pertama di atas sudah bisa dikatakan berhasil. Dan ini adalah lebih sering terjadi pada PS slim yang ngeblenk lainnya.

Baca juga cara perbaikan PS2 tebal blank biru setelah matrix

Semoga bermanfaat.

26 Comments

  1. yahya
  2. yahya
  3. yahya
  4. cardova
  5. yahya
  6. yahya
  7. Ali
  8. yahya
  9. yahya
  10. Anonim
  11. iqbalbozter@hotmail.com
  12. Isman
  13. ente
  14. gunawan

Pertanyaan Spesifik - Hub WhatsApp : 085200160606