Optik PS2 Tebal Tidak Menyala Sinar

Saya sering mendapat keluhan beberapa pasien tentang optik PS2 tebal tidak menyala sinar laser atau RSOD padahal optik baru. Optik yang baru hanya bertahan dalam beberapa minggu saja, kemudian tidak muncul sinar laser lagi.

Optik PS2 tak ada nyala sinar laser menyebabkan PS2 tak bisa baca kaset CD atau DVD. Ketika PS2 dinyalakan, tampilan hanya browser hingga Red Screen Of Death.

Padahal, jika kita mau sedikit teliti dengan perbaikan ringan, optik sudah bisa memunculkan nyala sinar laser untuk membaca data kaset.

Dengan syarat

– Nilai dioda optik masih bagus. Untuk optik viktor nilai dioda CD pada 1310 – 1500; sedangkan nilai dioda optik untuk DVD sekitar 1660 – 1700.
– Spul optik masih normal, tidak putus atau hangus.

Bagaimana cara memperbaiki optik PS2 tebal yang tak ada nyala sinar supaya kembali normal? Ikuti langkah-langkah perbaikan dibawah ini

1. Periksa kabel fleksi optik.

Cek kondisi kabel fleksi optik untuk melihat apakah gosong atau jalur putus. Gunakan multitester analog untuk mengetes jalur. Jika ada jalur putus, ganti kabel fleksi dengan yang bagus. JIka kabel fleksi masih bagus, lakukan langkah ke 2.

2. Periksa soket kabel optik.

Ada 2 soket yang menghubungkan optik dengan mainboard yaitu konektor untuk optik dan konektor untuk mainboard. Perhatikan, adakah kaki-kaki soket optik yang lepas dari PCB? Cara mengetahui kaki-kaki soket masih bagus atau terlepas dari PCB adalah dengan menyentuh menggunakan pinset.

Sentuh kaki-kaki soket, jika bergerak berarti timah solderan terlepas. Solder ulang kaki soket tersebut. Pastikan Anda teliti ketika menyolder.

Setelah selesai, tes kembali kaki yang satu dengan kaki soket lainnya untuk mengetahui ada atau tidaknya korsleting.

Namun, jika kondisi soket masih bagus, artinya tak ada kaki soket kendor atau renggang, lanjutkan ke tahap 3

3. Cek tegangan IC SP3727

IC ini mempunyai 64 pin yang terletak di mainboard dekat soket optik. Cek tegangan, beri arus DC 12 volt ke mainboard lalu cek kaki ke 30 dengan menggunakan AVO digital.

Nilai untuk IC optik pada kaki ke 30 adalah 3.5 volt. Jika tidak muncul, berarti IC tersebut lemah atau mati. Jika IC ini mati, akan menyebabkan optik PS2 tebal tidak menyala sinar dan RSOD.

Pelajari juga : cara mengukur tegangan komponen PS2

Pada kebanyakan kasus, IC lemah akibat kaki-kaki korosif. Kadang, ada komponen kapasitor yang rusak. Solusinya, rebuild IC ( cor ulang/solder ulang ). Bongkar IC dengan hot gun, kemudian pasang lagi.

4. Cek transistor penguat nyala optik.

Langkah terakhir adalah cek transistor penguat nyala optik untuk PS tebal. Transistor terletak setelah IC SP 3727 sebelum masuk ke blok optik.

Optik PS2 Tebal Tidak Menyala Sinar
mainboard-untuk-optik-ps2

Ini adalah penyebab umum PS2 optik mati tak ada sinar.

Ada 2 transistor penguat

– Transistor atas adalah penguat sinar CD
– Transistor bawah adalah penguat sinar DVD.

Jika optik tidak mengeluarkan sinar DVD, berarti ada masalah pada transistor penguat sinar DVD.

Jika optik tidak mengeluarkan sinar CD berarti yang bermasalah adalah transistor penguat sinar CD.

Langkah perbaikannya, ganti atau rebuild ulang (Re-soldering) keduanya atau salah satu, tergantung apa permasalannya.

Perhatikan pula nilai resistor untuk transistor penguat sinar DVD/CD.

Ada 4 resistor dibawah transistor penguat, 2 untuk CD dan 2 untuk DVD. Cek nilai resistor, adakah perubahan nilai? JIka ada, ganti dengan yang masih normal dari mainboard PS2 lain.

Nilai resistor pada bodi tertulis 220. Ini berarti resistor tersebut bernilai 22 dikali nol pangkat 1, yaitu 22 ohm.

Dari uraian diatas, Anda harus fleksibel ketika memutuskan apa yang menjadi permasalahan optik tidak ada laser.

Jadi, RSOD belum tentu karena optik mati, tetapi ada komponen-komponen lain yang menyebabkan Red Screen Of Death. Jika masih belum paham, silakan berkomentar dibawah. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *