Aksesoris Playstation

Mengatasi Hardisk PS2 No detect

Ini pengalaman saya pribadi ketika mendapat job servis hardisk PS2 no detect. Artinya, hardisk tersebut tidak bisa dideteksi oleh semua perangkat baik itu mesin playstation ataupun perangkat komputer.

Sebelum menentukan letak kerusakan, saya memeriksa dulu untuk cek apakah hardisk mati total atau no data saja.

Untuk membedakan antara hardisk mati total dan no detect (no data), saya mengambil kabel data USB SATA/ATA. Lalu, saya akan memberi tegangan 12 volt ke soket hardisk.

Jika hardisk bergetar tanda piringan berputar berarti hardisk masih bisa bekerja normal. Hanya saja, data yang terekam oleh hardisk tidak bisa terkirim untuk semua perangkat.

Jika hardisk tidak bergetar setelah menerima tegangan 12 volt, disimpulkan bahwa hardisk ini mati total.

Dengan prinsip ini, saya bisa membedakan antara hardisk mati total dengan hardisk no detect atau no data saja.

Dengan mengetahui ini, saya bisa menentukan apa yang harus dilakukan.

Jika Anda tertarik dengan pengalaman ini, silakan Anda baca artikel ini sampai tuntas.

Tak ada salahnya Anda ingin mencoba belajar. Jika Anda ragu mengambil keputusan, itu pilihan Anda. Yang jelas, di sini saya hanya membagi pengalaman saja.

 

Mengatasi Hardisk PS2 No detect

komponen-penyebab-hardisk-mati

Ok, mari kita mulai.

Memperbaiki hardisk PS2 mati total

Silakan Anda ambil konektor 12 volt dari USB kabel data. Colokkan kabel 12 volt ke soket utama di hardisk. Sentuh hardisk, jika Anda tidak merasakan getaran, berarti hardisk mati total.

Cara perbaikan, cek dioda seperti image di atas. Foto di atas adalah hardisk merk S4msun6 karena saat ini saya sedang memperbaiki hardisk mati total.

Jika dioda ini konslet, maka dipastikan IC regulator mati. Jika dioda tidak masalah, kita cek IC regulator.

Karena dioda di hardisk dalam kondisi bagus, saya akan solder ulang IC regulator tersebut.

Saya curiga, ada tegangan abnormal pada kaki-kaki regulator. Setelah saya cabut menggunakan hot blower, lalu saya pasang lagi.

Awas, pastikan semua kaki-kaki IC menempel kuat di papan PCB hardisk supaya hasilnya optimal.

Hasilnya, hardisk kembali normal. Namun, rebuild ulang belum tentu berhasil.

Intinya, semua komponen seperti kapasitor, resistor, transistor, dll bisa mempergaruhi. Jadi, kita harus teliti untuk mengetahui apakah IC regulator bisa bekerja secara normal atau tidak.

Satu catatan, hardisk belum tentu mati jika tidak konslet. Hardisk bisa mati jika salah satu hardware tidak mengalirkan arus listrik.

Dengan berpedoman itu maka kita bisa menganalisa dan menentukan letak dimana titik utama kerusakan penyebab hardisk PS2 mati.

Memperbaiki hardisk no detect

Setelah hardisk mendapat tegangan 12 volt dan ada getaran, berarti piringan cakram masih bekerja.

Dengan demikian, saya menyimpulkan bahwa hardisk tersebut hanya no detect saja. Orang umum tetap menyebut sebagai hardisk mati, karena tidak terdeteksi oleh semua piranti elektronika.

Penyebab paling umum adalah IC bios eror. IC bios ini menerima sinyal dari piringan cakram kemudian diteruskan ke IC memori. Jika IC bios eror, maka data tidak bisa ditransfer dengan benar.

Cabut IC bios dan rebuild ulang. Jika rebuild ulang tidak ada perubahan, cari IC pengganti dari tipe sejenis dengan nomor seri yang sama.

IC bios berbeda untuk tiap jenis dan merk hardisk. Sebagai contoh, hardisk merk SGT menggunakan ic bios 8 pin/kaki. Sedangkan untuk merk S4msun6, IC bios memiliki 40 pin/kaki.

Karena pada hardisk merk S4msun6 menggunakan resistor blok pada soket out put, maka saya akan tes RB. Saya akan mengganti resistor blok yang nilainya berubah. Nilai RB berubah menyebabkan tegangan tidak stabil.

 

Baca juga pembahasan tentang hardisk ekternal yang tak konek di port USB PS Slim

Salam Sukses Selalu.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

As you found this post useful...

Follow us on social media!

One Response

  1. ferdina

Pertanyaan Spesifik - Hub WhatsApp : 085200160606