Categories
Playstation Tebal

Menu Game PS2 Hardisk Hilang

4.7
(262)

Suatu sore hari, seorang teman meminjam PS dan akan dikembalikan esok harinya. Namun, mereka mengembalikan console playstation pada malam jam 22.00.

Saya tanya, kenapa mengembalikan lebih awal? Menu game nya hilang semua, hanya tampilan logo matrix, dan ada tulisan ” tak ada game di menu” jawab mereka.

Kemudian, segera PS kunyalakan. Ternyata benar, game PS2 hardisk hilang semua. Kemudian aku cek stik, semua normal, joystik tak ada yang rusak atau error.

Aku tahu sebabnya, temanku tadi menyalakan mesin PS dan stiknya sudah terpasang sejak awal. Ketika PS mulai turn on, jari-jari teman tadi secara tidak sengaja mencet-mencet tombol stik.

Akibatnya, terjadi perubahan data pada settingan di hardisk alias HDD korupt data. Segera aku bongkar NA dan hardisk dari console, dan ku hubungkan HDDnya dengan laptop.

Kubuka App WINhiip ( WHNP), ku scan dan repair hardisk. Hasil sukses, list game bisa muncul kembali di hardisk PS2 saya, Masalah selesai.

Mengembalikan Game PS2 Hardisk Hilang
restore-game-ps2-yang-hilang

Lalu, bagaimana sih cara restore game PS2 hardisk yang hilang? Ikuti cara saya di bawah ini.

Cara mengembalikan game ps2 hardisk hilang

Saat Anda mendapatkan list game di PS2 hardisk tidak ada atau kosong, jangan panik. Itu bukan kerusakan mainboard, atau hardisk, atau NA di ps anda.

Namun, itu hanya terjadi perubahan sistem di hardisk itu sendiri. Kata mudahnya, sistem menyembunyikan list game.

Bagaimana cara memunculkan kembali game ps2 yang hilang tadi? Berikut tutorialnya

1. Bongkar HDD dan Na dari mesin PS anda.

Sebelum Anda mulai membongkar mesin, pastikan tak ada kabel AC yang masuk ke mainboard agar tidak terjadi korsleting. Lihat bagian belakang mesin, tepatnya di Network Adapter, buka 2 baut dengan obeng.

Lalu, tarik keluar NA. Lepaskan HDD dari soket NA. Awas, mencabut HDD dari NA harus posisi lurus supaya tidak ada soket konektor HDD yang bengkok.

2. Hubungkan hardisk ke PC atau laptop.

Siapkan kabel USB sata/ata untuk proses transfer data. Tunggu sampai hardisk kedetek oleh PC. Buka WHN, ikuti urutan kerja dibawah ini

– Select Drive, pilih drive 1 (PS2), kemudian anda akan mendapatkan halaman list game yang kosong
– Pilih tab utilities, sorot kursor ke menu Scan/Repair PS2 Drive, pilih repair drive 1, dan tunggu proses restore game.
– Setelah list game muncul kembali, pilih save.
– Nah, silakan pasang kembali HDD ke console PS2 Anda karena Anda sudah berhasil mengembalikan menu game yang hilang.

Cara mencegah list game hilang di PS hardisk.

Hal penting adalah Anda mengetahui apa yang menyebabkan menu game PS2 tidak muncul sehingga Anda bisa mencegah insiden kecil ini.

Pertama, cek stik apakah ada yang error atau tidak. Sebab, stik error bisa merubah data settingan baik di bios ataupun di HDD Anda.

Kedua, jangan memasang stik dahulu ke console PS. Jika Anda memasang stik error ke console sebelum turn on, seringkali sistem mendeteksi adanya arus tidak wajar dari stik.

Arus pendek atau short, bisa mengakibatkan PS2 disable atau terkunci selain  list game hilang di hardisk Anda.

Ketiga, jangan mencet-mencet stik setika PS mulai turn on. Mencet-mencet stik pada saat mesin PS mulai menyala akan menyebabkan sistem menjadi error. Paling sering adalah tidak muncul logo matrix, hanya browser saja.

Kadang, ini bisa menyebabkan PS menjadi hang dan harus turn off pada saklar belakang supaya console bisa bekerja dengan baik.

Ok, sekian dulu tips dari saya. Jika masih belum jelas, silakan mengajukan pertanyaan via box komentar. Smoga bermanfaat.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 4.7 / 5. Vote count: 262

No votes so far! Be the first to rate this post.

As you found this post useful...

Follow us on social media!

96 replies on “Menu Game PS2 Hardisk Hilang”

Untuk Mas Ricky. PS2 hardisk Anda menggunakan HDLOADER standart. Cara mengembalikan beberapa game yang hilang adalah sama seperti artikel di atas yaitu dengan repair struktur hardisk via PC.

Jika tidak sukses, ganti booting HDLOADER dengan booting custom. Semoga berhasil

Saya baru beli ps 2 lewat online..
Katanya ada 100 game
Tapi setelah saya nylain Malah kosong…apa benar dari hadis nya kosong…
Terus bgemana cara munculin game nya ya 100 itu..
Tolong di bantu…

Saya punya ps2 slim plesdist pas udah msuk ke Matrik nya malah keluar Tanda ! ! ! ! List Game nya ga ada.apa penyebab nya ya

Tanda seru muncul karena file USBAdvance tidak terdeteksi oleh BIOS. Disebabkan karena flashdisk/hardisk tidak konek dengan console

Assalamuaikum gan saya mau tanya sya sudah isi game di winhip dan ket sukses seperti di blog agan… tapi pas sya masukin ke ps2 fat saya gamenya g,k ada cuma game lama z yg tetbca di masukin lagi ke komputr di winhip ada… itu maslhnya d mna gan? Mohon pencetahanya terima kasih

Mas mau tanya , kalo permasalahan saya sama seperti yang di atas, ps slim + flashdisk, lagu saat mau masuk ke menu game tiba” muncul tanda seru 4.
Kalo menggunakan kaset ps biasa masih bisa kah ?
Dan apa Langkah yg tepat buat benerin si flashdisk itu tadi ?
mohon bantuan !

Tanda seru akibat hardisnya error, atau tidak konek. Kalo mau pake kaset, tergantung kelengkapan peralatan yang mendukung optik untuk reading disc

Halo , gan saya mau nanya nih saya punya PS2 fat ( tebal ) hardisk internal setelah saya salin game dari laptop saya berhasil , terus saya nyalain PS nya seperti biasa , tapi malah mentok di wallpaper nya aja , gak mau keluar menu game , gimana cara atasinya nya gan , udah saya repair via winhhiip tetap gak bisa ?

Assalamualaikum Wr.Wb Gan.
ane mau tanya , ps2 ane gabisa bisa masuk ke menu game , setiap dinyalain pasti selalu masuk ke menu browser itu kenapa ya kira kira,mohon dijawab dengan jelas dan lengkap ya gan , terimakasih

Min saya mau nanya. Kenapa ps2 matrix saya . Game listnya ga ada..
Tapi pas di tekan (X) nya tiba2 main game.
Tapi kan susah ga bisa lihat nama game nya..
Aku ga sengaja Neken select pas di menu game listnya. terus ada settingan PAL . NTSC sma 780×680 atau berapa lupa. Pas di teken tiba2 game listnya ilang layarnya hitam gitu
Kira2 bagaimana cara ngembaliinya

Matikan PS2, nyalakan. Setelah tampilan matrix, tekan tombol stik di segitiga dan O. Pilih DEV 1. Tekan START, dan restart tombol power nya

Kalo yang error hardisknya, harus ganti mas. Untuk memperbaiki, coba cek hardisk di windows PC, jika terdeteksi, cek file USB Advance nya apakah ada atau terhapus.

Bro mau tanya, kenapa setelah muncul matrix g ada game listnya alias blank layar tv jadi hitam. Aku restart juga tetep aja. Mohon infonya ya

Min knapah ya ps saya waktu dinyalain tidak menampilkan menu malah menampilkan seperti kaset yg tidak jalan. Padahal sudah HDD.. ??

Assalamualaikum.mau nanya nih bos.gmna tuh carnya perbaiki hard disk yang eror,tdak terdeteksi di PS.coba di laptop g bsa jiga.mohon penjelasannya.terimah kasih

Waalaikumus salam. Coba sambungkan dengan kable data, beri arus 12v, jika tak ada getaran berarti IC spindle di pcb hardisk mati mas.

Asalammualaikum mas saya pake ps slim + flashdisk ketika saya menyalakan ps hanya ada tampilan walpapaper dan settingan’a tidak ada list game’a gmn ya mas solusi’a…

misi gan,,mau tanya

sya pake hardisk eksternal dengan mc boot
problem nya pada saat ps di nyalakan tampilan nya malah ke menu seting, nah cara seting agar list game nya muncul gimana ya ? terimakasih

Pilih ” setting “, kemudian langsung saja menuju

USB device start mode : Auto
Default menu : USB Games

Terakhir tekan tombol X : save setting.

Beri bintang 5 utk artikel saya, balas jasa baik dengan baik. Ok Gan..

Misi gan … kalo misalkan psnya ga masuk ke menu game list. Tapi malah ngebooting… jadi kaya bukan ps hardisk gitu.
Sdgkan ps saya hardisk..jadi kaya ps slim bkan hardisk.

misi gan.. ps2 ku klu pake flash muncul daftar game N klu pake hardisk hanya muncul tand !!!! ya terpaksa untuk membuka list game pd hardisk harus masuk menu flash. gimana caranya spya hardisk bisa boot dengan list game yg dihardisk tersebt.. terima kasih sebelumnya

Mlm mas saya riyan dari jakbar saya punya ps2 hardish tp gamenya ga bisa keluar mulu udah minjem hardish temen tetep aja ga bisa jga kenapa ya tolong di bantu

bang ko pas ane bisa di buka tapi ko cuman sampai walperpernya doang gimana cara nunculin daftar game nya lagi

Gan ps2 slim saya pke hdd external kmrin salah setting d daftar game mau ubah ke PAL/NTCS mlah ke coba ke resolusi berepa x brpa gt. Trus saya restar ad matrix trus muncul boot menu nya.. mslhnya pas klik k menu daftar game nya ga muncul malah no signal.. kira2 setingan nya yg mana ya gan mohonpencerahan nya gan. Terimakasih

1 lagi gan… pas masuk di no signal it ane tekan tombol X,O,start tpi game nya masuk aneh nya situu tpi ga bisa liat d tv daftar nya.. ud pke tv tabung pke tv LED nyoba nya juga ga mau nampil.

Bsa masuk ke menu BIOS ga mas? Setelah matrix, tekan segitiga dan O. Jangan telat. Seting boot mode di dev 1. Kmdian pencet tombol START

Gan ps2 slim saya pke hdd external kmrin salah setting d daftar game mau ubah ke PAL/NTCS mlah ke coba ke resolusi berepa x brpa gt. Trus saya restar ad matrix trus muncul boot menu nya.. mslhnya pas klik k menu daftar game nya ga muncul malah no signal.. kira2 setingan nya yg mana ya gan mohonpencerahan nya gan. Terimakasih

Klo bootnya ganti MASS. Baru mau masuk k boot hdd tp klo tekan yg gambar stik daftar ny it ga nongol d tv

Nyalakan matrix-> masuk k menu ad gambar stik(usb advance, trus ad tanda seru(simple media sistem, folder(ulaunchelf), tanda seru lagi((system browser).

Nah saya biasanya klik yg gambar stik ( usb advance) trus muncul daftar game nya.. karna salah pngaturan kmrin. Jadi daftar game nya ga muncul di tv ga klihatan no signal aj. Tapi klo di start/X game nya masuk..

Opl Cek nya dmna gan?

Klo masuk k usb advance nya daftar game nya ga muncul di tv no signal, klo di tekan X ato start game nya masuk.. kira2 cara blikin pngaturan nya dmna ya gan.. biar tampil d tv

Misi gan mau Tanya Ada solusi lainkah untuk repair game dengan pc/laptop melalui winhiip?Apakah bs direpair hanya melalui konsol ps2nya saja?Jika hanya melalui winhiip boleh ditampilkan link donlotnya gan, makasih sebelumnya.

Bisa direpair langsung pake mesin PS2 melalui HDD manager. Ente harus punya MC booting. Dgn syarat, HDD ente hanya rusak struktur, bukan hardwarenya.

Ps2 saya saat di hidupkan tidak keluar daftar game di tv. Mohon dengan sangat caranya.kalau ada vidio nya.?

Mikum gan mau tanya ps hardist saya pas di nyalain tombol power trus keluar matrixnya lalu pas ke menu game ngeformat sendiri ada tulisan di bagroun layar sedang proses format lalu semua game nya ilang mas itu udh kejadian dua kali saya gk tau apa dari stik atw dari HD nya mohon bantuannya gan???

Mikum itu apa Gan. Kalo nulis salam yang lengkap. Jika nggak ingin salam, mending ga nulis salam sekalian, langsung nulis ke topik pertanyaan ente

Iya maaf master ps tebal hardis saya baru beli dari orang lain seken pas baru beberapa kali maen terus beres maen pas mau main lgi pasaya on kan tombol power di bacgron layar langsung ada tulisan sedang proses format,jadi ngepormat sendiri pdhal saya gk mencet tombol stik apa” lalu saya opkan ps nya semua game ilang cuma mucul matrix nya doang layar bleng itam gk ada ada gamenya sma menu bagron nya itu apa dari stik elorr ataw hardisnya rusak gan soalnya sudah dua kali kejadian nya gan mohon info

Iya pas mau awal main udah duakali kejadian gtunya,kalaw di instal ulang pake apk winhip bisamuncul lagi game sama bbackgroundnya ga gan ataw harus isi ulang lagi game nya

Oh ia master kalw udah ke format gtu bisa di instal ulang pke apk winhip atw di isilagi gamnya dari enol

asalam walaikum gan;v kenpa ya gan ps.2 tebal saya kan udah.di pasang hardis tapi ga ada ke layar tv permainanya itu knph ya gann apa ps yg rusak.atau mc bboot ga atau lubang usb gan tapi hardisnya muter gann;v

Assalamualaikum wr wb
Jadi PS ane kalo dicolokkin ke tv led bisa gan tpi klo tv tabung cuma muncul matrix abis itu item blank.
Boot mode nya udh tak set ke dev2 padahal.
Terima kasih

gan kalau saya sudah pasang matrix , sudah bisa masuk matrixnya ,sudah bisa masuk ke menu system modbonya pas tekan X buat ngelanjutin malah daftar gamenya ilang

Halo ganteng ane mau anya nih kenapa waktu aku main gta sa aku masukkan cheat tetapi yang terjadi malah ps 2nya malah kandas gamenya waktu aku matikan lalu nyalakan kembali yang tampil hanya matrix lalu langsung masuk menu browser tolong dong pencerahannya…..

Sa’at saya menyalakan ps 2 setelah kata metrik…muncul kata sonycomputer sistem gimana cara munculin gem nya ….bantu saya

KArena antara NA dgn maiboard tidak koneks. Masalah mencari sumber penyebab, itu banyak sekali penyebab. Bisa jadi HD nya error, atau NA error. KAdang, resistor blok di soket NA minta ganti

Assalamualaikum
Saya pake ps2 tebal sama harddisk internal, tiap booting selesai logo matrix kok ngeblank hitam gan? Harsddisknya juga sudah saya repair menggunakan winhip tapi kok tetep aja ngeblank? Gimana solusinya gan?

Saat masuk menu game saya tekan select lalu saya setting 720×480p lalu tiba2 menu game hilang layar jadi hitam, tapi jika tekan X game masih bisa dibuka, mohon solusinya agar menu game bisa muncul kembali

Ps2 saya terformat gara gara stik nya error tolong gimana solisi nya
Apa game nya bisa kembali lagi mazz?

Gen saya mau tanya p2 matrix.pas udh ngisi permainan ke kontr ps .pas saya coba ada tulisan metrix trus walpepr ma menu doang.gk ada permainan nya kat konter ps nya.hardic nya rusak apah benr tu gen

Izin bertanya om.. ps2 ane bru pasang hardisk external terus pas menu pertama sempat geser2 ke menu folder bukan main game..pilih exit eh malah ga muncul lgi tu menu malah cm bahasa jepang aja..mohon pencerahan

ps2 saya matrix ada lama kelamaan ada menu buat nge hapus memori yg penuh tpi menu permainan tidak ada tolong solusinya

Tanya gan hdd yg cocok buat ps2 brapa gb cos maje 160gb di pake maen brapa kali menu game nya hilang semua ..dari matrix langsung browser padahal hdd dah 2x ganti…apa pk 80gb aja…?? Pencerahan nya suhu..

Tanya gan hdd yg cocok buat ps2 brapa gb cos maje 160gb di pake maen brapa kali menu game nya hilang semua ..dari matrix langsung browser padahal hdd dah 2x ganti…apa pk 80gb aja…?? Pencerahan nya suhu..hdd internal

Dips slim saya beberapa game tidak bisa dijalankan ,kebnyakan game berkapasitas besar, masalahnya dmana ea

Gini masa saya ngak senaja memformat hardisk saya nah pas saya isi game kembali pakai usbuthil kok game nya gak ada alias kosong
Mohon bantuanya

Min saya mau nanya. Kenapa ps2 matrix saya . Game listnya ga ada..
Tapi pas di tekan (X) nya tiba2 main game.
Tapi kan susah ga bisa lihat nama game nya..
Aku ga sengaja Neken select pas di menu game listnya. terus rubah jadi 780×680. Pas di teken tiba2 game listnya ilang layarnya hitam gitu no inputdi tv.
Kira2 bagaimana cara ngembaliinya yaa?

Masalah sy sama dgn abang ini.. Sy iseng rubah settingan dgn tekan tombol SELECT saat pilih list game stelah tekan select ada pilihan pal & ntsc iseng sy muncul rubah2 zwttingan tsb dn hasilnya gambar di tv jd hitam.. Tp masih bisa pilih game klo hafal posisi gamenyA, contoh sy main gta saya tekan kebawah 3x, kalo mau main godhand sya tekan kebawah 2x kemudian tekan X munculah game saya… Pertanyaan sy bisa kah di reset ulang setelan trsebut master??

Saya pake hardisk eksternal, Saat di menu game saya tekan select lalu setting 720x480p tiba2 layar jadi hitam menu game hilang tapi saat tekan X dan arah atas/bawah game masih bisa dimainkan mohon solusinya

Gan saya salah setting saat sudah masuk list game saya pencet select dan di sana saya pilih 740×480 di sana ada tiga pilihan mode screen ntsc,PAL,740×480 saya pilih 740×480 sesudahnya layar jadi hitam setting default emang NTSC tapi dari sana kepencet, gan ada

solusi gak biar bisa kayak semula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *